Selamat datang di situs resmi Fisika ITB!

Dr. Fatimah Arofiati Noor

Selamat datang di situs Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Institut Teknologi Bandung.

Sejarah Fisika ITB tak lepas dari sejarah berdirinya Fakultas Ilmu Eksakta di Technische Hogeschool, Institute of Tropical Science dan Bandung Kogyo Daigaku tahun 1947. Program Studi Sarjana fisika yang semula merupakan Departemen Fisika lahir pada tahun 1948 sebagai bagian dari Fakulteit van Exacte Wetenschap dari Nood Universiteit van Jakarta. Seiring berjalannya waktu, Fisika menjadi program studi yang merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB.

Program Studi Fisika secara terus menerus mengalami perkembangan yang berkesinambungan. Memiliki 6 Program Studi, yakni: Program Studi Sarjana Fisika, Program Studi Magister Fisika, Program Studi Doktor Fisika, Program Studi Magister Pengajaran Fisika, Program Studi Magister Ilmu dan Rekayasa Nuklir, dan Program Studi Doktor Rekayasa Nuklir.

Kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dengan pencapaian prestasi di antaranya: Program Studi Sarjana Fisika: terakreditasi “A” oleh BAN-PT dan terakreditasi internasional ASIIN dari Germany, Program Studi Magister Fisika: terakreditasi “A” oleh BAN-PT , Program Studi Magister Pengajaran Fisika: terakreditasi “A” oleh BAN-PT, dan Program Studi Doktor Fisika: terakreditasi “A” oleh BAN-PT.

Didukung oleh oleh 74 staf pengajar yang tergabung dalam 6 Kelompok Keilmuan (KK) di Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB: Fisika Teoritik Energi Tinggi (FTETi), Fisika Material Elektronik (FME), Fisika Magnetik dan Fotonik (FMF), Fisika Nuklir dan Biofisika (FNB), Fisika Bumi dan Sistem Kompleks (FBSK), dan Fisika Instrumentasi dan Komputasi (FIK), kami senantiasa berupaya menghasilkan generasi calon penerus bangsa yang mampu berkarya untuk Indonesia di bidang ilmu sains, khususnya Fisika.

Selamat berselancar di situs kami, semoga menambah manfaat, wawasan, dan pengalaman yang positif.