Program Doktor Fisika

Tujuan Pendidikan

Sejalan dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh ITB dan mengacu pada tujuan pendidikan FMIPA-ITB, maka tujuan pendidikan S3 Fisika adalah menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi positif dan berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita masyarakat baik dalam masyarakat keilmuan (sebagai peneliti/ dosen di lembaga dalam maupun luar negeri) dan keprofesian, maupun dalam masyarakat umum, masyarakat antar bangsa maupun masyarakat regional dan masyarakat bangsa sendiri; mempunyai bekal yang memadai untuk terus mengembangkan profesionalitasnya dengan baik serta dapat menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan dalam upaya-upaya perbaikan di lingkungan komunitasnya. Secara khusus, Program Studi S3 Fisika mendisain lulusan dengan kemampuan sebagai berikut:

  1. Beradaptasi serta berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan keilmuan yang dihadapinya dengan menggunakan keilmuan dan metodologi fisika yang telah dipelajarinya.
  2. Terus berkembang dalam kariernya dengan meningkatkan pengetahuannya dan mengikuti perkembangan terakhir (state of the art) dalam bidang fisika yang ditekuninya.
  3. Memberikan kontribusi baru yang orisinil pada bidang penelitian yang ditekuninya.
  4. Menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan dalam upaya-upaya perbaikan di lingkungan komunitasnya.
  5. Mahir mengkomunikasikan gagasan baik secara lisan maupun tulisan, baik ilmiah maupun populer, serta mampu mengambil inisiatif yang tepat dan memimpin tim dalam bidang yang relevan.

 

Capaian (Outcome) Lulusan

Lulusan program Doktor Fisika diharapkan mampu:

  1. Terus mengembangkan diri dan belajar sepanjang hayat serta memiliki akhlak seorang ilmuwan dalam hal mencari kebenaran ilmiah, kreatif, inovatif, terbuka dan jujur dengan etos kerja yang tinggi dan bertanggung jawab.
  2. Berfikir dalam kerangka sistem serta memiliki pola pikir yang logis, sistematis dan inovatif untuk merumuskan dan memecahkan masalah yang dihadapi, serta memiliki kepekaan terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
  3. Menjadi creative problem solver melalui penerapan konsep dan prinsip fisika melalui penelitian orisinil yang dilakukannya termasuk dalam pemecahan masalah non-rutin.
  4. Bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim yang sebidang maupun lintas bidang
  5. Memiliki kemampuan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan lingkungan kerja serta mampu bersaing di era global.
  6. Menguasai teknologi informasi dan metoda komputasi dalam penelitiannya.