Laboratorium Fisika Lanjut

Laboratorium Fisika Lanjut Program Studi Fisika ITB merupakan laboratorium layanan akademik yang fungsi utamanya adalah melayani pelaksanaan mata kuliah Eksperimen Fisika. Laboratorium ini memiliki fasiltias utama berupa dua ruang praktikum besar dan satu ruang gelap, serta ruangan khusus untuk laboran dan asisten.

Setiap tahunnya Laboratorium Fisika Lanjut melayani rata-rata 200 mahasiswa, yaitu mahasiswa semester 4, 5 dan 6. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan dua atau tiga orang. Modul eksperimen dirancang agar mahasiswa dapat melakukan pengamatan mengenai beberapa fenomena Fisika, terutama pada ranah Fisika Modern seperti sifat dualisme partikel-gelombang (Eksperimen Difraksi Elektron), transisi energi elektron (Eksperimen Spektrum Atom). Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat melakukan eksperimen secara terstruktur, maupun merancang investigasi ilmiah. Tujuan keseluruhan dari pelaksanaan perkuliahan Eksperimen Fisika yang dilaksanakan di laboratorium Fisika Lanjut ini adalah agar mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan eksperimen, menganalisis data yang diberikan, melaporkan dan mempresentasikan temuan dan hasil analisis yang mereka telah lakukan. Secara spesifik, luaran dari mata kuliah Eksperimen Fisika yang pelaksanaannya dilakukan di Laboratorim Fisika Lanjut ini adalah:

1. Mampu merancang dan mempersiapkan eksperimen pada berbagai topik Fisika, termasuk Elektromagnetisme, Termodinamika, Fluida dan Fisika Modern.

2. Mampu melakukan beberapa eksperimen fisika dan pengambilan data secara benar dalam waktu yang telah ditentukan, dengan mengacu pada standar-standar keselamatan.

3. Mampu menganalisis dan menginterpretasi data eksperimen, dan mampu menilai apakah data yang didapat sudah benar atau belum.

4. Mampu menampilkan data eksperimen dengan baik, melakukan analisis data, dan memaparkan hasil dengan jelas, baik dalam laporan tertulis maupun presentasi.

5. Mampu melakukan aktifitas riset sederhana secara berkelompok, termasuk di dalamnya merencanakan dan menyiapkan riset tersebut secara rinci. Salah satu aktiftitas tersebut termasuk pelaksanaan Research Based Learning.

Laboratorium Fisika Lanjut dilengkapi dengan berbagai alat eksperimen yang terbagi menjadi 12 modul. Modul-modul eksperimen tersebut adalah:

1. Eksperimen Franck-Hertz
2. Eksperimen Difraksi Elektron
3. Eksperimen Efek Hall
4. Eksperimen Karakteristik LED
5. Eksperimen Interferometer dan Prinsip Babinet
6. EksperimenTeknik Vakum
7. Eksperimen Termoelektrik
8. Eksperimen Spektrum Atom
9. Eksperimen Telemetri Radio
10. Eksperimen Uji Tarik
11. Eksperimen Radioaktivitas
12. Eksperimen Efek Faraday

Berikut beberapa perangkat yang dimiliki Laboratorium Fisika Lanjut sebagai bagian dari 12 modul tersebut: