Laboratorium Fisika Dasar

Laboratorium Fisika Dasar (LFD) adalah salah satu fasiltas penting untuk melaksanakan pembelajaran Fisika Dasar Institut Teknologi Bandung bagi mahasiswa tahun pertama di Institut Teknologi Bandung. LFD merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung. Serta LFD bekerjasama dengan Program Studi Fisika dan Program Tahap Persiapan Bersama dalam melaksanakan praktikum Fisika Dasar. Pelayanan praktikum Fisika Dasar ini tidak hanya untuk mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tetapi dari 9 fakultas lainnya yang ada di Institut Teknologi Bandung.

LFD merancang dan menyusun percobaan Fisika untuk mahasiswa. Tujuan dari pembelajaran pada akitivitas ini mengharapkan bahwa mahasiswa:

  • mengembangkan pemahaman tentang konsep praktis dalam praktikum Fisika.
  • mampu menyelesaikan persoalan teknis pada kegiatan eksperimen.
  • mampu mengkaitkan praktikum yang dilakukan dengan teori yang dipelajarinya.
  • mampu untuk mengolah data praktikum dan menganalisanya dengan menggunakan konsep statistik dan grafik.
  • mampu untuk memaparkan dan menuliskan proses praktikum tersebut dalam bentuk laporan praktikum yang sesuai dengan kaidah ilmiah.

LFD merancang dan menyusun 13 modul percobaan setiap semesternya untuk tercapainya tujuan dari pembelajaran mahasiswa di laboratorium. Pada semester pertama, modul percobaan didasarkan pada konsep mekanik yang meliputi Hukum Newton, Hukum kekekalan Momentum dan impuls, Elastisitas dan Gelombang mekanik. Sedangkan konsep listrik statis, magnet dan gelombang elektromagnetik dipelajari pada semester kedua dan terbagi ke dalam 13 modul percobaan. LFD dilengkapi dengan peralatan yang bervariasi, baik dari peralatan yang sederhana sampai dengan peralatan yang canggih.

Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi website Laboratorium Fisika Dasar:
https://lfd.itb.ac.id