Laboratorium Elektronika Fisika ITB

Program Studi Fisika memiliki bebrapa fokus keilmuan, salah satu diantaranya adalah bidang terkait elektronika dan instrumentasi. Dosen dengan penelitian terkait bidang instrumentasi maupun komputasi, secara khusus dikelompokan kedalam satu wadah yaitu Kelompok Keahlian Fisika Instrumentasi dan Komputasi (KK FIK). Namun, selain KK FIK, ilmu elektronika secara mendasar diperlukan dan digunakan pula oleh kelompok keahlian lainnya. Oleh sebab itu, untuk memfasilitasi keperluan penelitian secara umum dan kegiatan praktikuAm elektronika dasar, Program Studi Fisika ITB menyediakan Laboratorium Elektronika. Laboratorium dikelola oleh seorang kepala laboratorium dibantu oleh teknisi. Sedangkan untuk memfasilitasi praktikum, dibantu pula oleh beberapa asisten praktikum yang berasal dari mahasiswa yang telah lulus praktikum dan mata kuliah Elektronika. Ruangan laboratorium dengan kapasitas hingga 32 orang tersebut menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mensuport kegiatan praktikum maupun penelitian.

 

Paktikan sedang menggunakan Nanovoltmeter (Keithley 2182A)
Fasilitas

Laboratorium Elektronika Fisika ITB menyediakan fasilitas yang cukup lengkap – tersedia peralatan standar praktikum hingga instrumen high-precision dan high-sensitivity. Peralatan standar praktikum terdiri dari mikrotrainer MCS-51, multimeter, osiloskop, power supply, signal generator, breadboard, kabel jumper, dan komponen-komponen listrik seperti resistor, kapasitor, induktor, transistor, trafo, OpAmp, LED. Sedangkan untuk keperluan penelitian, laboratorium menyediakan peralatan high-precision dan high-sensitivity. Beberapa alat tersebut diantaranya adalah High Resistance/Low Current Electrometers (Keithley 6517B), Nanovoltmeter (Keithley 2182A), Micro-Ohm meter (Lutron MO-2014), Digital Bench Multimeter (Fluke 8808A), dan Spectrum Analyzer (Siglet SSA3021X).

Mikrotrainer MCS-51, High Resistance/Low Current Electrometers (Keithley 6517B), Nanovoltmeter (Keithley 2182A), Micro-Ohm meter (Lutron MO-2014), Digital Bench Multimeter (Fluke 8808A), dan Spectrum Analyzer (Siglet SSA3021X).
Layanan

Selain menyediakan fasilitas peminjaman peralatan untuk penelitian, Laboratorium Elektronika Fisika ITB pun memberikan layanan berupa praktikum. Ada dua praktikum yaitu praktikum mikrokontroler dan sistem antar muka serta praktikum elektronika dasar. Praktikum mikrokontroler menggunakan modul Mikrotrainer MCS-51. Mikrotrainer MCS-51 ini dikembangkan untuk menunjang perkuliahan Mikrokontroler dan Instrumentasi Digital (Kode FI3171). Melalui Mikrotrainer MCS-51, mahasiswa dapat mempraktikan dasar-dasar mikrokontroler yaitu input-output analog/digital, timer/counter dan PWM, display dalam seven segment dan LCD, serta komunikasi serial. Sedangkan praktikum elektronika dasar diselenggarakan Laboratorium Elektronika setiap semester ganjil untuk mendukung kuliah Eletronika (Kode FI2103). Biasanya, praktikum elektronika dasar terdiri dari 9 modul, dimana dilaksanakan praktikum 1 modul per minggu. Modul 1 dan 2 membahas dasar pengukuran dan simulasi Rangkaian. Dalam modul ini praktikan diharapkan mampu melakukan pengukuran dasar, misalnya mengukur tegangan, arus, hambatan. Selain itu praktikan diperkenalkan penggunaan simulator rangkaian yang berguna untuk keperluan desain dan simulasi rangkaian listrik. Pada praktikum modul 3, praktikan mencoba dan menganalisis rangkaian dioda (sebagai clipper, clamper, dan rectifier). Untuk modul 4, dibahas rangkaian filter pasif (low pass filter, high pass filter, dan bandpass filter). Lalu modul 5, praktikan dipandu untuk dapat mampu membuat desain PCB.  Selanjutnya modul 6 dan 7, praktikan akan diberikan kesempatan untuk memahami transistor dan aplikasinya sebagai penguat daya. Sedangkan modul 8, akan diperkenalkan penguat menggunakan opamp. Terakhir, modul 9 praktikan diperkenalkan dengan elektronika digital yaitu gerbang logika AND, OR, NOT, dan rangkaian multivibrator dan counter.

Praktikum berbagai jenis rangkaian listrik
Ruang Penyimpanan Peralatan

Semua peralatan disimpan dengan aman dalam sebuah lemari logam. Beberapa peralatan yang sensitif disimpan dalam ruangan khusus dengan kelembapan rendah. Peralatan dikelompokan penyimpanannya berdasarkan kegunaannya, untuk praktikum atau penelitian. Perlengkapan untuk praktikum terdiri dari paket-paket yang telah terisi komponen dan alat ukur sesuai ketentuan modul.

Pengatur kelembapan (kiri) dan Loker penyimpanan alat-alat
SOP

Kegiatan praktikum dan penelitian didalam Laboratorium Elektronika diwajibkan mengikuti tata tertib yang berlaku, menjaga keamanan dan keselamatan, serta memperhatikan prosedur dalam kondisi darurat. Layanan peminjaman alat beroprasi setiap hari kerja dan alat hanya dapat digunakan didalam ruangan praktikum. Kecuali apabila alat diperlukan untuk dibawa, maka peminjam alat diharuskan mengisi form peminjaman dan meninggalkan ID mahasiswa/staf. Sedangkan untuk layanan praktikum, peserta praktikum wajib mengikuti tata tertib praktikum yang ditetapkan oleh asisten praktikum. Diantara tata tertib tersebut adalah, disiplin, mengerjakan tugas pendahuluan, berhati-hati dan selalu menjaga keamanan dan keselamatan selama kegiatan praktikum berlangsung, serta membuat laporan praktikum.

Tata tertib yang terpasang di pintu masuk Laboratorium
Logo Laboratorium Elektronika Fisika ITB

Filosofi logo: Bingkai logo merupakan representasi IC (integrated circuit) dengan banyak pin. Menunjukan laboratorium terintegrasi yang memiliki banyak manfaat baik sebagai pendidikan melalui praktikum, maupun dalam penelitian dengan cara menyediakan berbagai alat ukur yang mumpuni.