Prestasi Mahasiswa Program Studi Fisika, FMIPA ITB dalam The University Physics Competition 2021

Enam mahasiswa Program Studi Fisika, FMIPA ITB yang dibagi menjadi dua tim, mendapatkan prestasi yang membanggakan di ajang The University Physics Competition 2020 yang diselenggarakan secara online pada tanggal 6-8 November 2020. Tim pertama beranggotakan Aumedi Wibisana, Kevin Wilbert, dan Felix Cahyadi, di bawah binaan Dr. Sparisoma Viridi mendapatkan Bronze Medal, sedangkan tim kedua beranggotakan Ahmad Hasbi Salimi, Anggi Maulana Adi Saputra, dan Nadif Fadlurrahman Wahdi di bawah binaan Prof. Dr. Mikrajuddin Abdullah mendapatkan predikat Accomplished Competitors.

The University Physics Competition adalah suatu kompetisi berskala internasional untuk mahasiswa sarjana, yang bekerja dalam tim beranggotakan tiga orang, di mana selama 48 jam melakukan analisis permasalahan nyata dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika, kemudian menuliskannya sebagai suatu artikel formal. Pada tahun 2020 ini, topik permasalahan yang dipilih adalah tentang Roket Pendorong Ion untuk Pesawat Ulang-alik yang Terbang Menuju Saturnus dan Stabilitas Quadcopter dalam Keadaan Berangin. Setelah kompetisi berakhir, setiap artikel yang masuk akan dinilai dan diberi predikat masing-masing, mulai dari Gold Medal, Silver Medal, Bronze Medal, dan Accomplished Competitors. Kompetisi ini telah diselenggarakan dari tahun 2010, dan pada tahun 2020 diikuti oleh 346 tim yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Perolehan prestasi ini membuktikan bahwa kondisi pandemi tidak menghalangi semangat berprestasi mahasiswa Prodi Fisika, FMIPA ITB. Meskipun keseluruhan rangkaian kegiatan dilaksanakan secara daring, para mahasiswa mampu menjaga motivasi dan memberikan upaya yang terbaik dalam mengikuti kompetisi ini. Selamat kepada para Mahasiswa dan Dosen pembina atas prestasi yang membanggakan!

The University Physics Competition

http://www.uphysicsc.com/2020contest.html

Daftar Seluruh Peserta

http://www.uphysicsc.com/2020_UPC_Results.pdf