Seminar Kontribusi Fisika (SKF) 2018

Seiring dengan bagaimana Fisika dapat diperkenalkan lebih baik dan lebih menarik bagi peserta didik dan masyarakat umum, hal yang perlu menjadi perhatian adalah apa dan bagaimana kontribusi Fisika dalam kehidupan sehari – hari dan juga dunia usaha serta industri. Menjawab hal tersebut, Program studi Fisika ITB kembali mengadakan kegiatan Seminar Kontribusi Fisika (SKF) 2018, yang dilaksanakan pada Selasa, 4 Desember 2018 di Aula Timur ITB. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB yang diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana yakni Dr. Wahyu Hidayat dan dilanjutkan sambutan oleh Dr. Khairul Basar S.Si., M.Si selaku Ketua Prodi Sarjana Fisika serta secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Dr. Indra Noviandi, M.Si. Selain dari itu, turut mengundang pembicara utama yakni Dr. Eng. R. Bagus Endar Bachtiar Nurhandoko dan Dr. Ir. Hendra Gunawan.

Terlihat peserta memenuhi ruang utama Aula Timur ITB yang terdiri dari Mahasiswa, Peneliti, Guru dan semua penggiat keilmuan Fisika. sebelum acara utama dimulai seluruh peserta berfoto bersama, pemaparan materi oleh ke dua pembicara utama dan dilanjutkan dengan presentasi sebanyak 75 peserta yang abstraknya telah dinyatakan lolos seleksi oleh panitia.

Pesentasi tersebut dibagi di beberapa ruangan berdasarkan topik riset seperti koputasi, energi, pendidikan dan lain – lain. Presentasi sesi pertama dimulai pada pukul 10.00 – 12.00 WIB di jeda dengan makan siang dan dilanjutkan sesi kedua pada pukul 13.00 – 15.00 WIB serta diakhiri dengan sesi ke tiga pukul 15.00 – 17.00 WIB sekaligus pengambilan sertifikat presenter bagi peserta yang presentasi.

“Semoga saja, dengan adanya SKF ini bisa memberikan wawasan dan tukar – menukar keilmuan Fisika tentang kontribusi Fisika dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu, teknologi dan masalah yang ada di masyarakat” Tutup Saldi, Mahasiswa Fisika ITB.

-Reported by Ari Saldi, edited by AK & DI