[70 tahun Fisika ITB] Physics Fair 2018

Dalam memeriahkan Dies Natalis 70 tahun Fisika ITB, Prodi Fisika bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) ITB mengadakan Physics Fair 2018 dengan tema “Fisika untuk Negeri” kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2018 dengan mengundang masyarakat umum termasuk siswa-siswi SD, SMP dan SMA di kota Bandung serta seluruh civitas Fisika.

Berlangsung di Aula Barat ITB yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh sambutan dari Ketua Program Studi S1 Fisika yaitu Dr. Khairul Basar, kegiatan ini menampilkan berbagai macam karya dari masing – masing kelompok keahlian berupa teknologi, demonstrasi dan berbagai alat peraga terkait Fisika. Selain dari itu disediakan juga berbagai macam wahana untuk menambah pengetahuan dasar tentang ilmu Fisika dan disediakannya ice cream gratis bagi pengunjung dengan menukarkan kupon yang telah ditandangani di masing – masing stand.

Diantara berbagai stand yang tersedia, stand dari kelompok keahlian Magnetik dan Fotonik menampilkan sesuatu yang unik, standnya berada di ruang tertutup dan gelap dengan berbagai macam karya diantaranya kacamata 3D, hologram, alat pengukur ketebalan rambut. Untuk menambah kemeriahan, mahasiswa Fisika menampilkan live music. Disela – sela kegiatan, Laura salah satu siswi dari SMAK 2 Penabur mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat menarik, saya datang bersama 7 teman lainnya mendapatkan wawasan tambahan mengenai ilmu Fisika dan stand – stand yang disajikan pun berbeda – beda, pokoknya seru banget.”

Selama kegiatan berlangsung, pengunjung diberikan kebebasan untuk mendatangi berbagai macam stand yang telah disediakan dan diberikan kesempatan untuk bertanya. “Harapannya tahun depan Physics Fair tetap diadakan dengan skala yang lebih besar lagi karena hal ini bisa menjadi ajang kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan dosen” harap Alief selaku ketua HIMAFI ITB.

Rangkaian kegiatan Physics Fair 2018 pun dilengkapi dengan acara “Diskusi Miskonsepsi Fisika” yang diselenggarakan di Ruang 1201, Prodi Fisika ITB. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 20 peserta yang terdiri dari guru-guru Fisika beserta tiga orang panelis dosen Fisika ITB. Pada acara ini dibahas secara mendalam beberapa kesalahan konsep Fisika yang sering terjadi dalam dunia pengajaran selama ini. Acara semacam ini diharapkan dapat ikut berkontribusi dalam pengajaran Fisika di Indonesia.

-Reported by Ari Saldi, edited by AK & DI