Public Lecture Series 70 tahun Fisika ITB

Sabtu, 15 September 2018, Program Studi Fisika ITB menyelenggarakan Public Lecture Series ke-1 dalam rangka memperingati 70 tahun Pendidikan Tinggi Fisika ITB. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.15 – 12.00 WIB bertempat di Ruang 1201 Gedung Prodi Fisika ITB. Public Lecture Series ke-1 ini diisi oleh dua orang pembicara, yaitu Prof. Freddy Permana Zen, D.Sc (Guru Besar Fisika Teoritik ITB) dan Dr. Surono (Ahli Vulkanologi dan Bencana Geologi). Acara ini dihadiri oleh sekitar 90 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti mahasiswa, guru, dosen hingga kalangan umum.

 

Acara yang dimoderasi oleh Getbogi Hikmawan,M.Si ini dimulai pukul 09.15 dengan sambutan yang diberikan oleh Prof.Dr.Edy Tri Baskoro,M.Sc selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB. Prof. Edy menyampaikan selamat dan terima kasih kepada Prodi Fisika ITB atas penyelenggaraan Public Lecture ini. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Prof. Freddy Permana Zen, D.Sc dengan judul “Teori Kuantum dan Relativitas Einstein dalam Pengembangan Sains dan Teknologi Menuju Millenium Ketiga”. Prof. Freddy P. Zen memaparkan tentang sumbangsih yang telah diberikan oleh teori – teori kuantum dan relativitas umum dalam perkembangan teknologi terkini, serta kontribusi yang akan diberikan oleh teori-teori tersebut di millennium ketiga yang akan datang. Dr. Surono sebagai pembicara kedua memaparkan materi dengan judul “Hidup Harmoni Bersama Gempa Bumi dan Gunung Api”. Dr. Surono menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah gunung api terbanyak, sehingga bencana geologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, Dr. Surono menyadarkan dan memberi pemahaman bahwa kita harus selalu siap dan belajar untuk bersikap menghadapi hal ini.

 

 

Peserta terlihat antusias terhadap pemaparan materi dari kedua pembicara. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada para pembicara oleh Prof. Abdul Waris, M.Eng; Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA ITB dan Dr. Khairul Basar selaku Ketua Program Studi Sarjana Fisika. Sebagai informasi, Jusak Sali Kosasih, Ph.D selaku PIC Public Lecture Series menyatakan bahwa seri ke-2 dari kegiatan ini akan berlangsung sekitar akhir bulan Oktober 2018. Info lebih lanjut akan diumumkan kemudian.

 

[GR & AM]