Pengukuhan Guru Besar Prof. Suprijadi

Sabtu, 9 Maret 2018 Institut Teknologi Bandung mengadakan prosesi pengukuhan guru besar kepada Prof Suprijadi, (Dosen Prodi Fisika) dan Prof Dwiwahju Sasongko (Dosen Prodi Teknik Kimia). Kegiatan yang bertempat di Aula Barat ini berlangsung dengan khidmat serta dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari pihak keluarga, dosen, beserta mahasiswa dan alumni. Acara pengkuhan guru besar tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan seluruh tamu undangan mulai memasuki Aula Barat ITB dan dilanjutkan dengan beberapa sambutan.

BGS01-improved2

Sebelum prosesi pengukuhan guru besar, Prof Suprijadi menyampaikan orasi ilmiah yang mengangkat tema tentang “Komputasi, Sains, dan Pembelajaran berbasis Riset untuk Mendukung Inovasi”. Prof Suprijadi menekankan tentang arti pentingnya komputasi, sains dan riset, untuk komputasi dan pengembangan sains. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam pelaksanaannya, diantaranya: menemukan fenomena fisis, memodelkan secara matematika, melakukan simulasi dan memvisualisasikan serta melakukan klarifikasi data. Berdasarkan tahapan tersebut, beliau mengumpulkan dengan program utama yang ada di Prodi Fisika, FMIPA, ITB yaitu Research Based Learning (RBL). “RBL diadakan mulai dari tahun pertama untuk memberikan pembelajaran secara signifikan kepada mahasiswa Fisika tentang sebuah riset meskipun masih dalam skala kecil” ujar beliau. Di akhir orasi ilmiah, Prof Suprijadi tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung segala riset yang telah dilakukan, baik rekan dosen dilingkungan Prodi Fisika maupun para dosen dilingkungan ITB, keluarga (orang tua, istri, anak dan keluarga besarnya).

GBS02-improved

Setelah penyampaian orasi ilmiah, dilakukanlah prosesi pengukuhan guru besar secara khidmat dan dilanjutkan sesi foto bersama dengan masing – masing pihak keluarga, tidak ketinggalan pula prosesi pengucapan selamat kepada dua guru besar yang telah dikukuhkan. Suasana semakin meriah dengan senyum dan ucapan selamat yang memenuhi ruangan Aula Barat ITB dan ditutup dengan makan siang bersama.

-Reported by Ari Saldi, edited by AKDI