(Bahasa Indonesia) Penyelenggaraan Summer School : Computational Modeling in Rock Physics

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

ss-a

Salah satu misi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah memiliki reputasi yang sangat baik menuju World Class University, salah satu caranya dengan menyelenggarakan Summer School yang melibatkan narasumber dan peserta internasional. Sebagai bagian dari ITB, Program Studi Fisika dan Kelompok Keahlian Fisika Bumi dan Sistem Kompleks mengadakan Summer School yang berjudul “Summer School : Computational Modeling in Rock Physics”.

Peserta Summer School ini tidak hanya terdiri atas mahasiswa program sarjana melainkan juga program master dan doktoral, dosen dan peneliti dari universitas dalam dan luar negeri dari berbagai latar belakang disiplin ilmu yang berbeda serta para peneliti dari industri migas. Program ini, dibuka secara resmi pada tanggal 7 Agustus 2017 oleh ketua Komite penyelenggara dan berakhir pada 18 Agustus 2017.

Pada program ini, peserta diberikan materi dasar seperti Pengantar Fisika Batuan, Pengantar Fisika Batuan Digital dan Inversi serta materi lanjut yaitu tentang Akuisisi Data, Rekonstruksi, Pemrosesan Data dan Karakterisasi dalam Fisika Batuan Digital sampai dengan Pemodelan Fluida di dalam batuan.

Peserta juga dikenalkan dengan instrumen-instrumen pengukuran yang digunakan dalam Fisika Batuan di Laboratorium yang terdapat di Fisika ITB. Selain itu peserta diperkenalkan dengan jenis-jenis batuan di Museum Geologi Bandung.

Kegiatan Summer School ini sendiri menghadirkan pembicara kunci seperti Prof. Dr. rer nat Umar Fauzi dari ITB, Dr. Zubair Kalam dari ADCO Technical Center (RM & EOR) Uni Emirat Arab, Dr. Ahmad Riza Ghazali dari Group Research & Technology PETRONAS Malaysia, Muhammad Antonia Gibrata dari Dragon Oil Uni Emirat Arab dan Luluan Almanna Lubis dari Universiti Teknologi Petronas Malaysia. (GR)