Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar di Kampus ITB Jatinangor

ITB Kampus Jatinangor, 16 Februari 2017. Pada Semester II Tahun Akademik 2016-2017 ini, untuk pertama kalinya, kegiatan praktikum Fisika Dasar dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Laboratorium Fisika Dasar (LFD) ITB kampus Ganesha dan kampus Jatinangor.

Laboratorium yang terletak di Gedung Labtek 1A Lt.3 Kampus ITB Jatinangor Jalan Letjen.Purn.Dr.(HC) Mashudi No.1 Sumedang ini melayani kegiatan praktikum Fisika Dasar II untuk mahasiswa TPB ITB Kampus Cirebon. Sementara pada semester 1, mahasiswa TPB ITB Kampus Cirebon melaksanakan praktikum Fisika Dasar I di LFD kampus Ganesha. Menurut Koordinator Akademik Kampus ITB Cirebon, Ir. Hadwi Soendjojo pelaksanaan praktikum Fisika Dasar di kampus Jatinangor bertujuan agar fasilitas laboratorium di kampus Jatinangor dapat termanfaatkan, apalagi ada wacana bahwa tahun depan praktikum Fisika Dasar untuk mahasiswa TPB ITB kampus Jatinangor pun akan dipindahkan dari Ganesha ke Jatinangor sehingga kegiatan di semester ini dapat sekaligus menjadi persiapan untuk semester berikutnya.

aaa
Gedung Labtek 1A (kiri) dan Laboratorium Fisika Dasar (kanan) di Kampus Jatinangor

Total mahasiswa yang mengikuti praktikum di LFD Kampus Jatinangor berjumlah 71 mahasiswa, dengan rincian 36 mahasiswa program studi Teknik Industri – Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan 35 mahasiswa program studi Perencanaan Wilayah dan Kota – Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Praktikum diselenggarakan setiap hari Kamis yang terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pagi yang dilaksanakan pada pukul 08.30-11.30 WIB dan sesi siang pada pukul 13.00-16.00 WIB. Setiap mahasiswa akan melakukan lima kali pertemuan , dengan rincian satu kali pengenalan laboratorium dan empat kali pelaksanaan praktikum. Adapun jumlah modul praktikum Fisika Dasar II yang tersedia di LFD Kampus Jatinangor sebanyak enam modul, yaitu Osiloskop, Listrik Statis, Rangkaian Seri dan Paralel, Rangkaian RLC, Difraksi dan Konstanta Planck. Materi praktikum tersebut telah disesuaikan dengan materi kuliah Fisika Dasar IIA dan IIB.

bbb
Mahasiswa mengikuti kegiatan pengenalan praktikum Fisika Dasar II di LFD Kampus Jatinangor

Mengingat total jumlah mahasiswa TPB ITB yang mengikuti praktikum berjumlah 3400 mahasiswa dan selama ini pelaksanaan praktikum hanya terpusat di LFD Kampus Ganesha, maka pelaksaanan kegiatan praktikum Fisika Dasar di Kampus Jatinangor ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas penyelenggaraan praktikum.

[Reported by GR, edited by DI]