Seleksi dan Pelatihan Asisten Praktikum Melalui Penataran Asisten LFD ITB

Laboratorium Fisika Dasar ITB, 29 Januari 2017. Memasuki masa perkuliahan Semester 2 tahun akademik 2016-2017, Laboratorium Fisika Dasar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan kegiatan Penataran Asisten Lab Fisika Dasar (LFD). Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini dibagi dalam sebanyak 2 gelombang, yaitu gelombang 1 pada tanggal 21-22 Januari 2017 dan gelombang 2 pada tanggal 28-29 Januari 2017. Setiap harinya, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 14.00. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan penataran ini adalah sebagai seleksi sekaligus pelatihan calon asisten praktikum yang akan bertugas di Laboratorium Fisika Dasar untuk kegiatan praktikum mata kuliah Fisika Dasar II.

_Peserta penataran asisten gelombang 1-improved

Pada penataran gelombang 1, tercatat 76 mahasiswa dari berbagai fakultas dan sekolah di ITB mengikuti kegiatan penataran. Acara dibuka dengan sambutan dan pengarahan oleh Dr. Fiki Taufik Akbar selaku Wakil Ketua LFD ITB dan dilanjutkan pengarahan dan penjelasan mengenai kegiatan praktikum di Kampus Jatinangor oleh Galih Restu F.S., M.Si selaku Koordinator LFD ITB Jatinangor. Dalam sambutannya, Dr. Fiki T. Akbar menekankan pentingnya komitmen dari calon asisten dalam mengikuti kegiatan penataran dan dalam melaksanakan tugas sebagai asisten. Hal tersebut sangat penting karena asisten merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan praktikum. Pada kesempatannya, Galih Restu F.S., M.Si memberikan informasi mengenai pelaksanaan praktikum semester 2 yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu Kampus Ganesha dan Kampus Jatinangor khusus untuk mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) ITB Cirebon. Oleh karena itu, dibutuhkan asisten yang siap untuk bertugas di Kampus Jatinangor.

praktikum2

Sementara itu, pada penataran gelombang 2, tercatat 80 mahasiswa yang hadir dan mengikuti penataran. Pada gelombang 2 ini, acara dibuka oleh Dr.rer.nat. Freddy Haryanto selaku Ketua LFD, FMIPA, ITB. Dr.rer.nat. Freddy Haryanto kembali mengingatkan para calon asisten untuk serius dalam mengikuti kegiatan penataran, beliau juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran peserta penataran. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pelatihan modul praktikum yang dipimpin oleh seluruh koordinator asisten. Seluruh peserta dibagi menjadi 13 kelompok dan melakukan pengambilan data sesuai modul praktikum tiap kelompok. Setiap kelompok mendapat 4 modul yang dibagi dalam 2 hari.

praktikum

Selain pelatihan modul praktikum, para calon asisten memperoleh pemaparan mengenai keselamatan kerja di laboratorium dari Dr. Rachmat Hidayat mewakili Unit Pelaksana Teknis Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (UPT K3L) Fisika ITB. Dalam pemaparannya, Dr. Rachmat Hidayat menekankan bahwa pemahaman prosedur kerja di laboratorium merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang asisten, apalagi dengan LFD yang dalam setiap pelaksanaannya melayani sekitar 125 mahasiswa TPB. Pada akhir kegiatan, para calon asisten diharuskan membuat laporan praktikum dan melakukan presentasi mengenai modul praktikum di depan koordinator asisten. Hal tersebut yang menjadi salah satu komponen penilaian seleksi asisten. Dari dua gelombang penataran diperoleh 145 asisten yang dinyatakan lolos seleksi dan akan bertugas pada praktikum Fisika Dasar II semester 2 tahun akademik 206-2017. Kegiatan praktikum itu sendiri telah dimulai pada Senin, 30 Januari 2017.

Sebagai catatan, dari 156 peserta penataran, peserta yang berasal dari internal Program Studi Fisika ITB berjumlah kurang dari 10%. Jumlah ini lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. Di satu sisi, keberagaman ini diharapkan dapat memberikan efek positif dalam penyelenggaraan praktikum, walau pada saat yang bersamaan, di sisi lainnya, diharapkan jumlah calon asisten dari Program Studi Fisika dapat bertambah di masa yang akan datang.

Reported by GR, edited by DI