(Bahasa Indonesia) Syukuran Wisuda April 2016 Prodi Fisika ITB

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

ITB- Program Studi Fisika ITB telah menyelenggarakan Syukuran Wisuda April 2016 pada hari Jumat (1/4/2016) pukul 16.00 bertempat di CC Timur ITB. Acara ini merupakan acara ramah tamah antara mahasiswa, dosen dan orang tua/wali mahasiswa. Syukuran ini rutin dilakukan setelah prosesi wisuda mahasiswa pasca-sarjana dan sehari sebelum prosesi wisuda mahasiswa sarjana di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).

wisuda1
Dr. Enjang Jaenal Mustopa memberikan sambutan pada acara Syukuran Wisuda April 2016

Dr. Enjang Jaenal Mustopa selaku ketua program studi S2 dan S3 Fisika membuka acara tersebut. Beliau memberi selamat sekaligus meminta maaf kepada para wisudawan jika dalam proses mendidik dan penyelenggaraan kegiatan masih terdapat banyak kekurangan. Beliau mengatakan bahwa profil lulusan S1 Fisika tersebar ke berbagai bidang tidak hanya di Fisika, misalnya mitigasi bencana, energi dan lain-lain. Hal ini dikarenakan pada studi Fisika diajarkan tentang pola pikir yang baik sehingga penerapannya bisa ke berbagai bidang.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengumuman mahasiswa terbaik program S1, S2 dan S2 pengajaran. Mahasiswa terbaik dan skripsi terbaik S1 diraih oleh Ervano Nurriyadi (10211053). Mahasiswa terbaik S2 yaitu Ulin Nuha Abdul Qohar (20214056), dan mahasiswa terbaik S2 Pengajaran adalah Sena Prayoga (90214027). Mahasiswa terbaik merupakan sebutan untuk mahasiswa yang mendapat indeks prestasi/IP kumukatif tertinggi diantara semua wisudawan Fisika lainnya.

wisuda2
Ervano, mewakili wisudawan S1, memberikan kesan dan pesan

Ervano yang mewakili mahasiswa program S1 fisika mengatakan bahwa capaian yang ia dapat bukan semata-mata adalah hasil kerja kerasnya sendiri melainkan juga konstribusi banyak orang termasuk dosen pembimbing, Dr. Acep Purqon beserta orang tua dan teman-teman Fisika terutama angkatan 2011. Wisuda menurutnya merupakan momen yang bukan hanya simbol selesainya tugas di kampus tetapi momen dimana seseorang mengemban tanggung jawab yang lebih tingggi.

Ulin Nuha mewakili mahasiswa S2 Fisika menghaturkan rasa terima kasih terdalam kepada semua dosen yang sudah memberikan ilmunya dengan ikhlas, terutama untuk pembimbing S1 yaitu Prof. Dr.rer.nat. Umar Fauzi. Ia pun mengatakan bahwa ada beban moral sebagai mahasiswa yang lulus dari kampus gajah ini sehingga diharapkan kepada para wisudawan untuk bisa membangun bangsa Indonesia.

Mewakili dosen, Dr. Acep Purqon memberikan selamat kepada para mahasiswa yang akan diwisuda. Menurutnya wisuda adalah simbol kebahagiaan juga sebagai simbol perjuangan yang sangat panjang. Beliau pun sedikit bercerita tentang mahasiswa bimbingannya yang berhasil lulus di wisuda April ini. Misalnya Imam Wijaya yang meraih predikat cumlaude serta mendapat kesempatan magang ke Jepang selama setahun dan ia menyisihkan uang selama di Jepang untuk membiayai umroh orang tua. Selain itu, Dr. Acep Purqon pun menekankan kepada para wisudawan untuk memiliki wawasan global serta rasa nasionalisme yang tinggi. Karena ke depan tantangannya sudah berbeda dengan jamannya, juga ia mengharapkan lahir sosok Soekarno baru yang bisa memimpin negeri ini untuk dapat mencapai kejayaannya.

Mewakili orang tua, bapak dari Amanda Kistilensa (10210072) menyampaikan untuk selalu menjaga silaturahmi dengan teman, dosen dan almamater karena itu modal yang baik untuk bisa menggapai sukses bersama. Beliau pun memohon maaf jika anak-anak (mahasiswa) sudah banyak melakukan kesalahan selama perkuliahan.

Acara lalu ditutup dengan doa dan dilanjutkan menyantap hidangan yang sudah disediakan. Pukul 18.00 acara Silaturahmi selesai.

[Reported by Nova, edited by DI]