(Bahasa Indonesia) Perkembangan dan Tantangan Riset Fisika Batuan Digital (SS#7)

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

w07

Prof. Dr.rer.nat. Umar Fauzi
Kelompok Keilmuan Fisika Bumi dan Sistem Kompleks

Perkembangan komputer dan ilmu komputasi telah mendorong kemajuan di bidang fisika batuan, sehingga saat ini berkembang dengan pesat digital rock physics (fisika batuan digital). Perkembangan dan prospek masa depan fisika batuan digital banyak dibahas tidak saja dalam makalah-makalah ilmiah namun juga dalam majalah bisnis antara lain Pittsburgh Business Times, edisi Jumat 16 Desember 2011 dan media popular lain. Kemajuan fisika batuan digital telah mendorong berdirinya beberapa industri yang berasal atau didukung oleh kelompok riset di universitas, seperti:

  • http://www.ingrainrocks.com/digital-rock-physics-lab/ (berdiri 2008, diawali dari Rock Physics Research Group, Universitas Standford, USA);
  • http://www.geodict.com/Company/aboutm2m.php dari Math2Market yang merupakan a spin-off dari Fraunhofer Institut für Techno- und Wirtschaftsmathematik in Kaiserslautern.

Fisika batuan digital akan melengkapi pemahaman sifat fisika batuan melalui informasi struktur mikro batuan. Struktur mikro batuan yang dapat dilihat mampu menjelaskan hal yang sebelumnya tidak terbayangkan, seperti konektivitas antar pori, bentuk pori dan lain sebagainya. Melalui data citra digital, beberapa analisa dapat dilakukan dengan cepat, ramah lingkungan dan dapat diulang dengan mudah.

Tantangan ke depan dalam bidang ini antara lain menyangkut pengembangan teori untuk masalah multi fasa dan penskalaan (up-scaling), sedangkan dalam aplikasi masih memerlukan teknik-teknik komputasi yang cepat dan memadai. Beberapa ahli optimis bahwa fisika batuan digital akan memberikan kontribusi signifikan dalam eksplorasi reservoir konvensional maupun non-konvensional. Penerapan dalam bidang lain juga mulai berkembang dan memberikan tantangan tersendiri.

[DI]