Dies ITB ke-57 : Unjuk Inovasi & Hasil Karya Prodi Fisika

Aula Timur, ITB-Pada 2-5 Maret 2016 telah diadakan pameran inovasi untuk memperingati ulang tahun Institut Teknologi Bandung ke-57. Tak ketinggalan, Program Studi Fisika juga ikut serta meramaikan pameran inovasi ini. Pada stand FMIPA, dipasang poster masing-masing profil kelompok keahlian yaitu KK Fisika Material Elektronik, KK Fisika Magnetik dan Fotonik, KK Fisika Nuklir dan Biofisika, KK Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, serta KK Fisika Teoritik Energi Tinggi dan Instrumentasi beserta nama-nama anggota yang turut berkontribusi di masing-masing kelompok keahlian.

dies2
Suasana stand FMIPA termasuk Fisika pada Dies Natalis ITB ke-57
dies3
Poster yang berisi penjelasan tentang Prodi Fisika ITB dalam acara Dies Natalis ITB ke-57

Selain terdapat pada stand FMIPA dan Prodi Fisika, hasil karya beberapa dosen dan peneliti Prodi Fisika pun ditampilkan dalam stand dan poster lainnya. Seperti pada poster dalam stand RCNN (Research Center for Nanosciences and Nanotechnology), diperkenalkan angggota riset dari Prodi Fisika ITB yaitu Pof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah yang berfokus pada riset tentang kimia polimer, Dr.Suprijadi Haryono berfokus pada Mikroskop Elektron dan komputasinya, Dr. Ferry Iskandar riset tentang nano material untuk energi serta Dr.Sparisoma Viridi yang berfokus pada nano material dan fisika komputasi.

d2_Fotor
Berbagai aplikasi sintesis nanoserat

Berikutnya pada stand LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat) ITB terdapat poster tentang sistem I-V (arus-tegangan) meter portable untuk pengujian dan pembelajaran karakteristik arus tegangan material dan devais elektonik oleh Dr. Eng. Muhammad Miftahul Munir dan Prof. Khairurrijal. Selain itu juga terdapat poster tentang sistem elektrospinning untuk produksi nanoserat yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Khairurrijal, Dr. Eng Muhammad Miftahul Munir, Abdul Rajak dan Ahmad Fauzi. Selain poster, alat nachriebe 600 elektrospinning juga dipamerkan di dalam stand nya. Alat tersebut bisa menghasilkan nanoserat (material struktur 1 dimensi berbentuk serat berukuran nano) dengan suatu sistem elektrospinning yang terdiri dari sumber tegangan tinggi, syringe pump, kolektor sebagai pengumpul serat dan berbagai pendukung lainnya. Selanjutnya dapat dihasilkan nanoserat yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi seperti nanoserat styrofoam untuk aplikasi filter ait berbasis potokatalis, membran nanoserat PAN,Nylon untuk aplikasi filter udara dan lain sebagainya. Selain sebagai ajang pamer inovasi, ultah ITB kali ini juga menjadi promosi bagi pelajar-pelajar SMA yang berkeinginan melanjutkan kuliah di ITB, khususnya Program Studi Fisika.

(reported by Nova, Wildan; edited by DI)