SKF2015

LATAR BELAKANG

Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dituntut banyak mempunyai kontribusinya bagi kesejahteraan dan martabat manusia adalah Ilmu Fisika. Sebagai cabang keilmuan yang sudah eksis sejak lama, Fisika merupakan pondasi kelimuan bagi keilmuan-keilmuan rekayasa alam yang aplikasinya sangat berkaitan erat dengan aktifitas manusia sebagai penunjang roda kehidupan maupun membangun pola pikir manusia dalam interaksinya dengan alam sekitarnya. Sebagai ilmu dasar tentunya proses pendidikan baik dari level dasar sampai ke level perguruan tinggi  merupakan proses yang sangat penting terutama untuk mengurangi bayangan negatif bahwa Fisika masih menjadi momok pelajaran di sekolah terutama dalam hal materi maupun cara atau metode mengajarkan kepada anak didik.

Seiring dengan bagaimana Fisika dapat diperkenalkan lebih baik dan lebih menarik bagi peserta didik dan masyarakat umum, hal lain yang perlu menjadi perhatian penggiat Fisika adalah apa dan bagaimana kontribusi Fisika dalam kehidupan sehari-hari dan juga dunia usaha dan industri serta untuk  program pemerintah dalam kegiatan riset dan teknologi terutama dalam 6 bidang fokus yang dikoordinasikan oleh kementrian riset dan teknologi yang merupakan penunjang program nasional MP3EI atau master plan percepatan dan pengembangan ekonomi Indonesia. Keenam bidang tersebut adalah teknologi ketahanan pangan dan pertanian, teknologi energi: energi alternatif dan terbarukan, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi kesehatan dan obat-obatan, serta teknologi pertahanan.

Terobosan-terobosan yang efektif dan efisien diperlukan untuk membuat solusi terhadap permasalahan nasional oleh keilmuan Fisika sehingga akan sangat terasa peran serta dan keberadaannya sebagai entitas keilmuan yang sangat strategis dalam pengembangan teknologi dan penanganan masalah yang terjadi di masyarakat. Proses pembelajaran Fisika, dalam hal pendidikan dan riset, kemudian aplikasi dan kontribusi Fisika dalam kehidupan sehari-hari perlu dikembangkan lebih lanjut yang tidak cukup hanya di perguruan Tinggi atau Lembaga Riset saja, tetapi harus dimulai sejak dini di sekolah-sekolah Dasar dan sekolah Lanjut agar minat terhadap Fisika dapat lebih luas dan semakin besarnya kontribusi dan peran serta Fisika dalam memberikan solusi masyarakat.

 

TUJUAN

Tujuan dari penyelenggaraan Seminar ini adalah:

  1. Sebagai sarana bertemunya dan transfer keilmuan Fisika semua penggiat keilmuan Fisika baik dari akademisi, peneliti, pemerintah, industri dan masyarakat secara umum.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam memahami dan mengembangkan ilmu Fisika sehingga dapat dipahami oleh masyarakat luas.
  3. Sarana menyebarluaskan bidang keilmuan Fisika kepada masyarakat Fisika dan dipublikasikan sebagai hasil keluaran kajian ilmiah dalam seminar.
  4. Mensosialisasikan capaian ilmuwan Indonesia dalam pengembangan ilmu, teknologi dan penanganan masalah yang ada dimasyarakat saat ini.

 

MANFAAT

Seminar ini diharapkan memberikan manfaat bagi komunitas ilmiah khususnya dan masyarakat luas umumnya, yaitu:

  1. Memberikan wawasan dan tukar-menukar keilmuan Fisika pada peserta tentang kontribusi Fisika dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu, teknologi dan masalah yang ada di masyarakat. Fisika untuk kemajuan keilmuan Fisika dan Aplikasi kehidupan.
  2. Memberikan wawasan pada peserta tentang perkembangan penelitian dalam berbagai bidang kajian Fisika yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran Fisika di sekolah dan perguruan tinggi. Fisika untuk pembelajaran diberbagai level pendidikan.
  3. Memberikan masukan pada pihak pemegang kebijakan, dalam hal ini Menristek dan Mendiknas, dalam menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen)  yang mendukung perkembangan ilmu Fisika dan Pengajaran Fisika di sekolah dan perguruan tinggi. Fisika untuk kebijakan pendidikan dan penelitian.
  4. Dalam hal aplikasi dan kontribusi keilmuan Fisika bagi industri, diharapkan ada tukar-menukar gagasan dan masukan yang efektif bagi pendidikan Fisika yang dapat disinergikan dengan kebutuhan industri dari lulusan Fisika atau hasil penelitian dan pengembangan Fisika terkait kebutuhan industri. Fisika untuk industri.

 

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup seminar ini meliputi berbagai bidang keilmuan Fisika dan bidang lainnya yang terkait keilmuan Fisika serta pengembangan sains dan teknologi.

 

PEMBICARA UTAMA

Kegiatan Seminar Kontribusi Fisika (SKF) ini akan mengundang pembicara utama sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Toto Winata (ITB)
  2. Dr. Adrin Tohari (Geotek, LIPI)

 

PESERTA

Peserta seminar ini terdiri dari berbagai kalangan berikut:

  1. Peneliti dalam bidang Fisika
  2. Staf pengajar/dosen Fisika di perguruan tinggi
  3. Pengajar Fisika di sekolah menegah (SMP dan SMU) dan sekolah kejuruan (SMK)
  4. Industri, pengusahan, pemerintah dan pemerhati perkembangan ilmu Fisika dan pendidikan Fisika
  5. Mahasiswa Fisika, Pendidikan Fisika, Astronomi, Teknik Fisika, Geofisika dan bidang terkait

 

TEMPAT

Gedung Aula Timur

Institut Teknologi Bandung

Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132

 

TANGGAL PENTING

Batas pemasukan abstrak : 10 November 17 November
Pengumuman penerimaan abstrak : 25 November
Batas pembayaran (early bird) : 27 November
Batas pembayaran (normal rate) : 4 Desember
Batas pembatalan : 4 Desember
Pengumuman jadwal seminar : 8 Desember
Pelaksanaan Seminar : 16-17 Desember
Batas pengiriman paper : 11 Januari
Batas revisi paper :
Penerbitan Prosiding :

 

BIAYA PENDAFTARAN

Pembicara (Umum): Rp. 450.000 (Early bird Rp. 350.000)

Pembicara (Mahasiswa): Rp. 400.000 (Early bird Rp. 350.000)

Peserta pendengar: Rp. 150.000

Biaya seminar mencakup: konsumsi untuk satu orang (2 hari), satu seminar kit, dan satu sertifikat.

 

Pembayaran harus dilakukan secara bank transfer dan tidak ada pembayaran on-site.

Biaya pendaftaran di kirim melalui:

Bank: BNI Cabang Perguruan Tinggi Bandung

Nomor rekening: 0377780172

Atas nama: Triati Dewi Kencana Wungu

Bukti transfer wajib di-upload ke website (login terlebih dahulu), dan tidak dikirimkan melalui email.

 

PENGIRIMAN ABSTRAK

Berikut ini prosedur pengiriman abstrak:

3. Buat abstrak anda secara online di website (setelah login).

Pengiriman abstrak dilakukan hanya melalui website saja dan tidak melalui email.

 

PANITIA DAN INFORMASI

Ketua : Dr. Fiki Taufik Akbar
Sekertaris : Dr. Harry Mahardika
Bendahara : Dr. Triati Dewi
Konsumsi : Dr. Nur Asiah
Logistik : Dr. Asril Pramutadi
Acara : Dr. Akfiny Hasdi Aimon
Web dan Publikasi : Dr. Syeilendra Pramuditya
Prosiding : Dr. Dwi Irwanto
Dokumentasi :

 

KONTAK

skf.itb[at]gmail.com

SKF Sebelumnya: